Dibalik bola gas pijar (Raja Siang)

Kan Kang Hae Bin udah klas 3 smp, ada pelajaran tata surya nie..
Aku mau bahas tentang matahari dulu ya.. Untuk pembahasan yang lain aku post kalau aku ada waktu..
Simak dan perhatikan…

Matahari

  •  Perjalanan Matahari
    Matahari terbentuk dari nabula, semacam awan kabut gas bercampur debu sekitar 5 milyar tahun silam di Galaksi Bima Sakti. Sejak kelahirannya, matahari terus-menerus memancarkan sinarnya, menghabiskan 7 juta ton materi per detik. Dalam 5 milyar tahun ke depan seluruh cadangan hidrogen di dalam intinya akan berubah menjadi helium. Intinya akan runtuh. Lapisan-lapisan luarnya akan membengkak, mendingin, dan berubah warna menjadi merah, kemudian menjadi kuning karena kehilangan lapisan-lapisan materi luarnya.Matahari terus mengalami penyusutan dan pengembanganberulang-ulang. Lama-kelamaan, cahayanya akan redup dan akhirnya menemui ajal.
  • Ciri-ciri Matahari
    Matahari adalah bintang terdekat dengan bumi dan satu-satunya bintang yang wajahnya dapat dilihat dengan jelas. Matahari adalah bola gas panas yang terutama terdiri atas hidrogen. Ukurannya sangat besar, kira-kira setara dengan 1.300.000 planet seukuran bumi. Suhu di dalam inti matahari adalah 15 juta derajat celcius. Disinilah berlangsung reaksi nuklir yang mengubah hidrogen menjadi helium. Selama proses tersebut banyak energi yang disemburkan ke antariksa dalam wujud panas, cahaya, dan berbagai jenis radiasi lainnya. Cahaya dan panas ini sangat dibutuhkan oleh bumi untuk kehidupan.
  • Unsur-unsur penyusun matahari
    Unsur penyusun matahari yang terbanyak adalah hidrogen, kemudian disusul oleh unsur helium. Dengan mempelajari spektroskopi dari spektrum matahari, pada ahli menganalisis unsur-unsur penyusun lainnya sehingga diperoleh data unsur penyusun matahari selengkapnya sebagai berikut.

No

Nama Unsur

Lambang Unsur

Massa Unsur (%)

1

Hidrogen

H

76,40

2

Helium

He

21,80

3

Oksigen

O

0,80

4

Carbon

C

0,40

5

Neon

Ne

0,20

6

Besi

Fe

0,10

7

Nitrogen

N

0,10

8

Silikon

Si

0,08

9

Magnesium

Mg

0,07

10

Belerang

S

0,05

11

Nikel

Ni

0,01
  • Massa helium akan bertambah dan massa hidrogen akan berkurang. Jumlah hidrogen dan helium di matahari sekitar 98% dan hanya 2% unsur-unsur lainnya. Seluruh unsur tersebut berupa gas, karena suhu matahari sangat tinggi.

Footnote:

Siapakah orang yang pertama kali meneliti gejala permukaan matahari ?
Dialah George Ellery Hale (1868-1938). Hale adalah seorang ahli astronomi Amerika Serikat lulusan Institut Teknologi Massachusetts. Dalam penelitiannya, Hale menemukan adanya medan magnet yang sangat kuat di dalam bintik-bintik matahari.

Matahari berada tepat di atas kota Makkah pada 27 Mei dan 17 Juli. Dengan mengarahkan pandangan kita ke arah Matahari pada sore hari, berarti kita sudah menghadap kiblat. Begitulah cara menentukan arah kiblat tanpa menggunakan alat penunjuk arah.

Don’t forget to follow my WordPress and please leave comment.

 

7 comments on “Dibalik bola gas pijar (Raja Siang)

Tinggalkan komentar